Sejukkan dan Tenangkan Kulit Bermasalah, Ini 10 Cooling Mask yang  Cocok untuk Cuaca Tropis

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (Surya24.Com)- Dalam kondisi iklim tropis seperti Indonesia, kulit kita seringkali terpapar sinar matahari, polusi, dan udara panas yang bisa membuat kulit terasa tidak nyaman. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi, iritasi kulit, dan bahkan penuaan dini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk merawat kulit dengan benar dan menjaga kelembaban kulit agar tetap sehat dan terlihat cantik.

Salah satu cara yang efektif untuk menjaga kelembaban kulit adalah dengan menggunakan cooling mask atau masker dingin. Cooling mask adalah produk perawatan kulit yang dapat membantu menyejukkan kulit dan mengurangi peradangan serta iritasi pada kulit. Produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit dan sangat berguna bagi orang yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat.

Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan cooling mask:

Menyejukkan Kulit

Cooling mask dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar matahari atau kulit yang merah dan perih karena iritasi. Produk ini juga dapat membantu meredakan kulit yang gatal atau terasa terbakar setelah menggunakan produk perawatan kulit yang terlalu keras.

Mengurangi Kemerahan pada Kulit

Cooling mask dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit dan mengurangi peradangan. Produk ini mengandung bahan-bahan seperti aloe vera, lidah buaya, dan ekstrak chamomile yang memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit.

Menjaga Kelembaban Kulit

Cooling mask dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit terasa lebih halus dan kenyal. Produk ini mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid dan ceramides yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Cooling mask juga dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Produk ini mengandung bahan-bahan seperti vitamin K dan ekstrak teh hijau yang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam dan membantu mencerahkan area di bawah mata.

Membantu Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terlihat Cantik

Dengan menggunakan cooling mask secara teratur, kulit Anda dapat terus terjaga kelembabannya, terhindar dari iritasi, dan tetap terlihat cantik dan sehat.

10 Cooling Mask 

Dikutip dari merdeka.com - Saat cuaca panas, kulit cenderung lebih berminyak. Akibatnya, komedo, beruntusan hingga jerawat kerap muncul. Apalagi setelah terpapar sinar matahari yang terik, wajah jadi kemerahan.

 

Jika Anda ingin memanjakan kulit wajah di tengah cuaca panas seperti sekarang ini, coba cooling mask. Produk seperti ini biasanya dilengkapi kandungan dengan cooling effect seperti mint atau mentimun. Cooling mask biasanya juga menawarkan hidrasi yang lebih baik.

Yuk, simak informasi tentang cooling mask dan manfaatnya untuk kulit wajah. Jangan lewatkan juga rekomendasi produk yang bisa Anda coba.

Seperti dikemukakan Cooling mask atau masker pendingin umumnya diformulasikan untuk mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam di bawah mata. Sebagai bonus, cooling mask juga bagus untuk mendinginkan kulit penderita eczema atau mereka yang baru saja mengalami sunburn.

"Cooling mask yang dapat Anda masukkan ke dalam lemari es sebelum tidur atau sekadar untuk bersantai di malam hari dapat membantu, terutama jika Anda memiliki eczema wajah," kata Dr. Jeff Yu, dermatolog bersertifikat dewan di Massachusetts General Hospital kepada National Eczema Association (3/1/2023).

Sebelum memilih salah satu dari sekian banyak masker pendingin di pasaran, periksa kandungannya dengan hati-hati. Hindari bahan-bahan yang dapat memicu alergi Anda. Bagi beberapa orang, gliserin dianggap sebagai alergen. Sementara bagi yang lain, aloe vera (lidah buaya) dapat menyebabkan iritasi.

Silikon umumnya dianggap aman untuk kulit. Sementara masker medical-grade merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin produk yang paling aman buat kulit.

Rekomendasi Cooling Mask yang Tersedia di Pasaran

Ada beberapa jenis cooling mask yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Tak semuanya berbentuk sheet mask. Ada juga yang berupa clay mask atau peel-off mask. Berikut ini beberapa merek yang bisa Anda coba.

1. Dr.Jart+ Cryo Rubber So Cool Duo 

Brand dari Korea, Dr.Jart+ menawarkan produk rubber mask premium yang jadi andalannya. Cryo Rubber So Cool Duo ini meliputi dua jenis cooling rubber mask, satu dengan khasiat menenangkan dan satu lagi untuk melembapkan kulit. Masing-masing menjanjikan instant cooling effect pada kulit wajah.

2. Azarine Cooling Water Sleeping Mask 

Cooling Water Sleeping Mask adalah bagian dari Azarine Herbal Essentials Series yang diformulasikan dengan teknologi moisture lock. Masker ini akan bekerja mendinginkan, mencerahkan, dan memudarkan garis halus semalaman. Antioksidannya akan menjadikan kulit Anda segar dan glowing begitu bangun tidur.

3. Freeman Feeling Beautiful Soothing Watermelon + Aloe Cooling Gel Mask

Gel mask dari brand Freeman ini berbasis gel yang sejuk. Kandungan utamanya adalah semangka dan lidah buaya yang dapat menghidrasi, menenangkan, dan menyegarkan kulit rentan berjerawat. Antioksidan di dalamnya dapat melindungi kulit dari radikal bebas sekaligus mencerahkan kulit.

4. NPURE Cica Chocomint Clay Mask  

Brand NPURE punya clay mask dengan butiran cokelat asli dan aroma peppermint yang menyegarkan. Masker ini mampu membersihkan pori-pori berkat kandungan dua jenis clay, bentonite dan kaolin yang bagus untuk kulit berminyak.

Centella asiatica extract di dalamnya dapat menenangkan kulit bermasalah. Ekstrak Fomes officinalis membantu meringkas pori-pori, sodium hyaluronate dapat membantu memperbaiki skin barrier, sementara niacinamide mampu memudarkan noda hitam bekas jerawat.

5. ABIB Crème Coating Mask Cooling Solution 

Crème Coating Mask Cooling Solution dari ABIB dibuat menggunakan lembaran masker khusus yang dapat mengunci dan mencegah krim pada essence menguap. Masker ini diformulasikan dengan kandungan penyejuk yang dapat menurunkan suhu kulit dan menenangkan kulit iritasi.

 

Masker ini juga dilengkapi juga dengan ekstrak Agave tequilana yang dapat memberikan kelembapan. Selain itu, masih ada kandungan ekstrak akar moutan peony (Paeonia suffruticosa), Centella asiatica, matricaria chamomile (Chamomilla recutita), seaberry (Hippophae rhamnoides), chaga mushroom (Inonotus obliquus), dan witch hazel (Hamamelis virginiana).

6. Bali Ratih Peel-Off Clay Face Mask Cooling 

Bali Ratih Peel Off-Clay Face Mask adalah masker peel-off dengan khasiat mendinginkan. Kandungan utamanya adalah Cyamopsis tetragonoloba (guar), kaolin clay, Zea mays (jagung), Aloe barbadensis (lidah buaya), Pachyrhizus erosus (bengkoang), dan menthol.

7. Huppies Fresh Ice Minty Mask 

Brand Huppies punya Fresh Ice Minty Mask yang mampu memberi kesegaran pada kulit. Selain itu, cooling mask ini juga dapat membantu membersihkan, melembutkan, menyamarkan flek hitam, dan mencerahkan kulit.

8. GIRLPAL Bubble Bubble Clay Mask Ice

Ada juga GIRLPAL Bubble Bubble Clay Mask yang diperkaya ekstrak ganggang bladder wrack (Fucus vesiculosus) dan nectarine (Prunus persica nectarina). Cooling mask ini juga mengandung menthol yang sejuk di kulit.

9. Celebon Natural Herb Mint Acne Care Mask

Masker dari Celebon ini tak hanya dibuat dari serat daun mint yang dingin. Ada bioaktif Madecassocide dari Centella asiatica yang mampu menenangkan kulit, tea tree oil yang berkhasiat untuk kulit berminyak dan berjerawat, neem tree, chinaberry (Mella azadirachta), mountain arnica (Amica montana), peppermint oil, common wormwood (Artemisia absinthium), yarrow (Achillea millefolium), Gentiana lutea, white willow (Salix alba), oregano (Origanum vulgare), hinoki cypress (Chamaecyparis obtusa), serta huang qin (Cassia scutellaria).

Natural Protector Complex di dalamnya dapat menghancurkan bakteri-bakteri patogen pemicu jerawat. Juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah.

10. SKINFOOD Pear Mint Food Mask

Terakhir, ada Pear Mint Food Mask dari SKINFOOD. Clay mask yang satu ini diperkaya ekstrak buah pir yang dapat menutrisi, melembapkan, memberikan sensasi sejuk, dan membantu mengangkat sel kulit mati.

Bukan cuma ekstrak pirnya yang menyejukkan kulit. Masker ini juga dilengkapi ekstrak mint yang berefek mendinginkan.

Berikut adalah cara menggunakan cooling mask:

Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu dengan pembersih wajah yang lembut.

-Gunakan toner untuk membantu menyeimbangkan pH kulit.

-Aplikasikan cooling mask secara merata ke seluruh wajah dan leher.

 -Diamkan masker selama 10-15 menit atau sesuai dengan instruksi pada kemasan.

  -Bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Demikian beberapa rekomendasi cooling mask yang bisa menyejukkan dan mendinginkan kulit. Cocok untuk cuaca panas maupun saat kulit bermasalah.***